Sabtu, 22 September 2012

Kesalahan Terbesar Facebook

  Jejaring sosial Facebook 

Selama ini Facebook terlalu mengandalkan HTML5, dan ini kesalahan.


Rabu, 12 September 2012, 10:47
Bayu Galih
Facebook dianggap mengalami penurunan usai melakukan penawaran saham perdana (IPO). Tak heran jika kemudian saham Facebook pun mengecewakan di pasar bursa.

Pendiri sekaligus Kepala Eksekutif Korporat Facebook, Mark Zuckerberg, mengungkapkan apa yang selama ini menjadi masalah bagi laman jejaring sosial itu di gelanggang bisnis. Ternyata, kegagalan itu dipicu salahnya penerapan strategi mobile.

Menurut Zuck, Facebook yang mengandalkan HTML5 ketimbang aplikasi luar merupakan kesalahan besar. Padahal performa Facebook malah mengesankan di aplikasi luar, misalnya iOS.

Bahkan menurut Zuck, sejak update ke iOS baru, angka feed stories bertambah dua kali lipat. "Di tengah tahun pertama memperlihatkan sedikit kelambatan pada produk, tapi di enam bulan berikutnya saya berharap banyak hal baik yang datang," ucap Zuck di acara TechCrunch Disrupt, seperti dikutip dari laman TechCrunch.

Adapun yang dimaksud baik di sini merupakan keuntungan finansial. Selama ini pendapatan iklan di mobile memang jelas menguntungkan bagi Facebook. Tahun lalu, mengutip TechCrunch, Kepala Teknis Facebook Bret Taylor mengatakan HTML5 memang vital bagi Facebook. HTML5 bisa mengurangi ketergantungan terhadap plugin eksternal seperti Flash. Ini tentu penting bagi Facebook yang mengandalkan games yang mendukung platform media sosial Facebook.

Saat itu Taylor menyebut masa depan memang ada di perangkat mobile. "Tapi popularitas perangkat mobile akan berubah," ujar Taylor. Alasan ini juga yang menjadikan Facebook bertahan untuk fokus di HTML5.
 
sumber: http://us.teknologi.news.viva.co.id/news/read/350725-zuckerberg-ungkap-kesalahan-terbesar-facebook 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...