Minggu, 07 Oktober 2012

"Mobil VS Sepeda"

Langkah Warga Italia Hadapi Krisis Ekonomi

 
Italia terkenal sebagai produsen sejumlah mobil sport kelas dunia - seperti Ferrari, Lamborghini, dan Alfa Romeo. Namun, belakangan ini, rakyat di negeri itu justru lebih banyak membeli sepeda ketimbang mobil.

Demikian ungkap media lokal, yang juga dikutip stasiun berita BBC, 2 Oktober 2012. Harian La Repubblica mengungkapkan bahwa tahun lalu ada 1,75 juta unit sepeda yang terjual di Italia. Jumlahnya 2.000 unit lebih banyak dari pembelian mobil-mobil baru.

Menurut kalangan media, data di atas terkait erat dengan krisis ekonomi yang melanda Italia dalam beberapa tahun terakhir. Dililit krisis utang dan pengangguran yang tinggi, kebanyakan warga Italia kini memilih berhemat.

Banyak konsumen yang memilih punya sepeda baru ketimbang membeli mobil, karena selain harganya jauh lebih murah juga tidak perlu beli bensin, yang harganya terus naik, dan tidak pusing memikirkan pajak dan biaya perawatan kendaraan bermotor yang mahal.

Konsekuensinya, perubahan pola pikir konsumen itu memukul penjualan otomotif di Italia. Data terkini menunjukkan bahwa penjualan mobil di Negeri Spagetti itu anjlok hingga ke level yang sama pada 1964, atau 48 tahun lalu.

Sebenarnya budaya bersepeda di Italia juga tergolong kuat. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, lalu lintas di kota-kota besar didominasi oleh mobil dan skuter.

Selain terkait dengan krisis ekonomi, makin banyaknya pembelian sepeda itu terkait dengan anjuran pemerintah Italia. Menjelang konferensi sepeda akhir pekan ini, Presiden Giorgio Napolitano mengimbau rakyat untuk tidak kalah dengan negara-negara tetangga, yang tengah mempopulerkan penggunaan sepeda di banyak jalan.

sumber: vivanews.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...